Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)
Edwogzs Download Cheater Mr No Name RR | CyberCrime
cbox

I.z DarknessRAFIBLOGGrew Uchiha

NANGZ
Jumat, 28 Februari 2014

Apa itu IQ, EQ, SQ dan RQ?


Mengenai IQ, EQ, SQ, dan RQ.Kita semua mungkin harus tahu terlebih dahulu sebelum bercerita lebih jauh mengenai isitilah-istilah tersebut.

Sebagai orang yang dewasa dan bijak, kita tidak boleh terlalu cepat untuk “menjudge” atau langsung memvonis bahwa seseorang itu bodoh, kurang akalnya, dan idiot dikarenakan kemampuan belajarnya dan ukuran IQ-nya berada di bawah rata-rata. Mengapa? karena jika anda sendiri seseorang yang open minded, dan berpikiran luas maka anda pasti harus tahu terlebih dahulu ternyata suatu jenis kepintaran itu terbagi 4 yaitu IQ (Intelligence quotation), EQ(Emotional Quotation), SQ(Spiritual Quotation), dan RQ (Religious Quotation).

Nah setiap orang itu mempunyai kelebihan masing-masing atau suatu bidang yang menonjol untuknya, dan juga tentu saja kekurangan masing-masing. Saya pribadi mempercayai itu karena berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri yang melihat kawan atau rekan saya selama ini. Contoh sederhananya, teman saya si “A” tidak terlalu baik pada pelajaran sekolahnya namun pada bidang seperti keagamaan dia sangat bagus dan luas pengetahuannya mengenai itu . Contoh lain lagi, seperti teman saya si “B” dia juga bukan orang yang di katakan pintar dalam pelajaran nilainya selalu cukup, namun pada bidang seni dan kreatifitas dia sangat menonjol, dia menjadi pemain band dan sering menang dalam festival, sebaliknya teman saya si C dia sangat menonjol dalam pelajaran nilainya bagus tetapi dalam hal bermain musik dia tidak tahu-menahu mengenai itu.

Nah itu semua berupa contoh yang sederhana yang saya dapat berikan, sekarang mari kita lihat ke-4 jenis tersebut dimulai dari IQ.

1. IQ (Intelligence quotation)

Berdasarkan dari referensi yang saya dapat, saya simpulkan bahwa IQ adalah suatu nilai atau ukuran dari kemampuan kognitif seseorang individu. Dan biasanya diukur melalui yang namanya “tes IQ”, contoh soal dalam tes iq bisa berupa gambar, lisan (verbal) kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, tulisan berupa soal matematika, pemecahan masalah, suatu wacana dan beberapa bentuk lainnya yang menggunakan kemampuan berpikir. Semua itu nanti akan diukur melalui formula tersendiri untuk mengukurnya, dan kemudian akan mendapat skornya.

Klasifikasi skornya seperti ini :
  • Di atas 140 = jenius atau mendekati jenius
  • 120 – 140 = kecerdasan yang sangat unggul
  • 110 – 120 = kecerdasan yang unggul
  • 90 – 110 = normal atau rata-rata
  • 80 – 90 = kurang
  • 70 – 80 = sangat kurang
  • 70 kebawah = idiot (tidak berakal)
dengan semua range tersebut rata-rata manusia biasa walaupun yang tidak menyukai matematika dan pelajaran sekolah lainnya dia tetap berada di level normal, ataupun dia hanya tidak mau mengasah kepintarannya. Karena selama seseorang masih ingat jalan untuk pulang ke rumahnya maka dia masih normal.

2. EQ (Emotional Quotation)

adalah suatu kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi, menilai kemampuan dan mengendalikan diri sendiri, orang lain, dan kelompok. Menurut WIKIPEDIA EQ masih banyak diperdebatkan mengenai kegunaanya tersebut. Dan di lacak pertama kali mengenai adanya EQ dapat dilihat melalui pendapat Darwin yang mengatakan, ” Pentingnya ekspresi emosional bagi kelangsungan hidup dan adaptasi.”.

Jika kita lihat dari penjelasan tersebut dan di contohkan kehidupan sehari-hari, maka semua penjelasan itu benar. Seorang manusia dalam berkerja dan berinteraksi dengan sesamanya harus saling berkomunikasi tidak hanya secara verbal, namun juga secara emosional karena dengan begitu seseorang akan lebih dapat saling mengerti dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Juga tentang kemampuan diri sendiri untuk beradaptasi terhadap lingkungan baru, atau di dalam tekanan, dan permasalahan lainnya, juga dalam interaksi sosial. maka kita sendiri dapat menilai EQ seseorang dengan melihat aspek-aspek tersebut. EQ juga penting dimiliki seseorang, jika tidak maka dia yang jenius bisa dianggap gila, egois, dan anti sosial.

3. SQ ( Spiritual quotation)

Istilah lainnya yang terkemuka dalam era modern ini adalah SQ. SQ adalah kecerdasan spiritual. Menurut Danar Zohar dan Ian Marshal, pakar psikolog didalam bukunya “SQ: Spiritual Quotient, The Ultimate Intelligence” memberikan pandangan mengenaitanda-tanda orang yang memiliki SQ tinggi.

4. RQ (Religious Quotation)

Yang terakhir namun bukan akhir yaitu RQ, yang maksudnya adalah ketrampilan atau kemampuan seseorang dalam melaksanakan semua aturan agama yang dianutnya. Ada yang lucu mengenai RQ ini di internet, jika anda berniat mencari pengertian ini di google dan mengetikkan “RQ” maka akan keluar mengenai pengertian RQ tetapi RQ di situ adalah mengenai Respiratory Quotation yaitu tentang kemampuan seseorang dalam pernapasan atau metabolisme tidak ada sedikitpun hubungannya dengan jenis kecerdasan yang kita bahas ini jadi jangan tertipu, LOL .

Di dalam jenis ini orang yang tidak mempunyai agama atau kepercayaan maka dia tidak mempunyai tingkat kecerdasan ini dan dampaknya adalah tidak mempunyai arah dan tujuan hidup, tidak mempunyai cara pandang yang baik, terjerumus dalam hal negatif, selalu merasa tidak tenang dirinya dan Masalah lainnya. Wah parah kan, Nah maka dari itu Jadilah orang yang mempunyai kecerdasa ini karena sebenarnya ini adalah suatu kecerdasan pokok manusia pertama kali pada saat berada di dunia.
Anda Baru Saja Membaca Artikel Tentang Apa itu IQ, EQ, SQ dan RQ? ,Anda Boleh Menyebarluaskan / Mengcopy Paste Artikel Apa itu IQ, EQ, SQ dan RQ? Ini Bermanfaat Buat Anda , Namun Saya Mohon Untuk Mencantumkan Link Apa itu IQ, EQ, SQ dan RQ? Sebagai SumberNya.

10 komentar:

[-] Dilarang Spam
[-] Dilarang Menggunakan Kata Kasar
[-] Dilarang Menggunakan Bahasa KasKus
[-] Dilarang Menggunakan Anonymous Pada Komenter
[-] Dilarang Mencari Keributan